Infeksi Toxoplasmosis : Saat Hamil?

Apa itu toxoplasmosis?

Toxoplasmosis adalah suatu infeksi protozoa Toxoplasmosa gondii, yang biasanya terjadi melalui kontak dengan tinja kucing, makan makanan mentah, atau makanan daging yang terkontaminasi dengan toxo ini.

Hanya sekitar 20% wanita hamil dengan toxoplasmosis yang menunjukkan gejala dari penyakit ini.

Tetapi jika seorang wanaita terinfeksi sesaat sebelum atau selama kehamilan, maka kemungkinan sekitar 40-50% untuk menularkan ke bayi dalam kandungannya, walaupun ibu hamil sendiri tidak tanpa sakit.

Apakah resikonya bila terjadi saat hamil?

Bila infeksi toxo terjadi saat hamil maka akan dapat menyebabkan keguguran, atau bila anak lahir maka dapat timbul dengan beberapa masalah kesehatan, seperti: kelainan kongenital cacat; pembesaran hati dan limpa; Kekuningan pada kulit dan mata (jaundice); infeksi mata yang berat. dll

Apa yang sebaiknya dilakukan?

* Jadi jika anda merencanakan kehamilan atau sedang hamil , anda dapat berkonsultasi ke dokter anda apakah anda perlu untuk melakukan tes Toxo ini.

Tes toxoplasmosis biasanya akan dinilai nilai titer dari Ig M ( serangan Akut /sedang terjadi) dan Ig G ( antibodi terbentuk – pernah terjadi dimasa lalu ).

Dan bila tes Toxo anda positif aktif toxoplasmosis (ig M ) maka selanjutnya bila anda sedang hamil maka akan dilakukan pemeriksaan apakah bayi anda terinfeksi juga.

Dan dokter anda akan memberikan pengobatan terhadap infeksi Toxo ini, pengobatan akan memperendah resiko kelainan pada bayi dalam kandungan anda.

* Dan sebaiknya bila anda sedang hamil atau pencegahan yang dapat dilakukan;

-Hindari makan makanan yang dimasak setengah matang atau mentah.

-Bersihkan sayuran dan buahan sebelum dimakan dengan benar.

-Bila anda membersihkan sampah atau tempat sampah, jangan lupa menggunakan sarung tangan, atau sebaiknya serahkan tugas ini kepada anggota keluarga lainnya.

-Pakailah sarung tangan bila anda ingin mengerjakan pekerjaan kebun atau perkarangan anda, untuk menghindari kontak langsung dari kotoran hewan yang terinfeksi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: