Makanan yang tak bisa di konsumsi ketika diare…

Lagi-lagi, tentang diare pada anak…

Diare pada anak merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kontaminasi makanan dari usus. Apakah itu disebabkan oleh alergi makanan tertentu, susu ataupun terinfeksi bakteri atau virus bahkan protozoa.

Berhubung buah hatiku semata wayang -Fatih, pernah mengalami diare kronis yang berulang (alhamdulillah sekarang sudah sembuh), maka aku bisa sedikit berbagi tentang beberapa makanan yang tidak bisa atau diusahakan jangan dikonsumsi penderita diare terutama balita.

Penyebab diare bermacam-macam, secara umum makanan yang dihindari selama diare berat pada balita adalah:

1. Susu

Kecuali ASI, penggunaan susu formula hendaknya dihentikan, atau paling tidak dibatasi dengan cara pemberian diencerkan.  Atau bisa diganti dengan Susu Rendah Laktosa

2. Sayur,buah dan jenis makanan berserat lainnya. Jenis makanan ini akan membuat usus lebih lancar mengeluarkan feses. Hindari dahulu sampai feses anak memadat, baru secara bertahap berikan sayur dan buah kembali.

3. Roti, Donat dan makanan yang mengandung ragi.

4. Makanan atau minuman yang terlalu manis

Berikanlah makanan yang mudah dicerna (seperti bubur) dan makanan yang mengandung protein tinggi untuk membantu pemulihan dan pembentukan sel-sel yang rusak terutama di usus. Tetap berikan oralit dan cairan lainnya agar anak tak dehidrasi. Pada dasarnya diare separah apapun akan sembuh dengan sendirinya asal anak tak mengalami dehidrasi. Terus memberikan asupan cairan sedikit demi sedikit dan makanan yang musah dicerna.Untuk membantu penyembuhan bisa diberikan air perasan daun jambu biji atau lacto-B.

Jangan lupa, dirawat dengan kasih sayang dan bersabar tetap membuatnya senyaman mungkin, agar energi positif yang kita berikan akan diterima oleh anak dan membantu kesembuhannya apapun penyakitnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: